Suryani Isnoel

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Sebelum Mengajar. Lomba Menulis Juli 2020.Hari Ke-173.TantanganGurusiana
Semua penggiat Literasi

Belajar Sebelum Mengajar. Lomba Menulis Juli 2020.Hari Ke-173.TantanganGurusiana

Belajar Sebelum Mengajar

#Lomba Menulis Bulan Juli 2020.

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru merupakan seorang pengajar yang membutuhkan orang yang akan diajar. Dalam kenyataanya terjadilah simbiosis mutualisme. Hingga terjadi proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Guru dan siswa tentunya dua komponen dalam pembelajaran yang tidak bisa dipisahkan. Dalam mengajar seorang guru harus mempunyai kesiapan yang memadai. Disamping ilmu yang telah digali semasa kuliah mereka juga perlu ilmu tambahan sesuai kebutuhan dan kondisi di lapangan .

Menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen, Guru Profesional harus mempunyai empat kompetensi yaitu

a. kompetensi akademik dapat diperoleh melalui pendidikan.

b. kompetensi pedagogik diperoleh melalui pelatihan, diklat, dan seminar.

c. kompetensi sosial diperoleh melalui pengetahuan, pergaulan dan pengalaman

d. kompetensi kepribadian diperoleh melalui pengetahuan, pergaulan dan pengalaman

Dalam masa wabah corona seperti sekarang ini , guru tidak bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka. Guru dituntut untuk tetap melakukan transfer ilmu kapada anak didiknya. Sementara protokoler kesehatan mengharuskan kita untuk melakukan Sosial distancing, phisysical distancing yang mau tidak mengikuti program work from home (kerja dari rumah), teach from home (mengajar dari rumah) dan learn from home ( belajar dari rumah). Maka solusinya guru harus mengajar secara daring. Dalam pembelajaran daring ini berbagai macam aplikasi dapat digunakan. Walau sebelumnya sang guru dan peserta didik belum mengusahinya, namun semua itu bisa dipelajari dan dipraktekan. seperti penggunaan Zoom Cloude Meeting, Whatsaap, Google Meet, Microsoft Teams, Google Classroom, Quiper, Kahoot, Google Form, Edmodo.

Bagaimana cara guru mendapat ilmu tersebut?

Semua dapat diperoleh melalui membaca, pelatihan seperti diklat, seminar, serta melalui pergaulan dan pengalaman. Guru, siswa dan orang tua harus bisa bekerja sama dengan baik hingga proses mengajar dan belajar dapat berjalan dengan lancar meskipun dalam masa pendemi.

Mengajar dalam konteks standar proses pendidikan tidak hanya sekadar menyampaikan materi ajaran, akan tetapi juga di maknai sebagai proses mengatur lingkungan supaya siswa belajar. Hal ini mengisyaratkan bahwa dalam proses belajar siswa harus di jadikan pusat dari kegiatan. Ini di maksudkan untuk membentuk watak, peradaban dan peningkatan mutu kehidupan peserta didik. Pembelajaran perlu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang di harapkan. Pemberdayaan di arahkan untuk mendorong pencapaian kompetensi dan perilaku khusus supaya setiap individu mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mewujudkan masyarakat belajar.

Contoh Belajar lewat webinar yang ditaja oleh MediaGuru Indonesia

BIODATA PENULIS

Suryani Isnoel, S.Pd. Lahir di Painan, Pesisir Selatan. Berprofesi sebagai Guru Biologi di SMA Negeri 1 Salo. Kab Kampar, provinsi Riau. Telah menghasilkan 6 buku tunggal dan 12 buku antologi. Dapat dihubungi melalui Surel : [email protected]. WA 081365328801. Dengan nomer Kartu Anggota MediaGuru Indonesia nomor

20190907-000195

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yg menarik, bu.. Sehat dan sukses selalu

05 Jul
Balas

Keren dan lengkap, sistematis, calon pemenang lomba juli. semoga sukses selalu, bu.

05 Jul
Balas

Terima kasih Yen...

05 Jul
Balas

Luar biasa,, insyaAllah lolos

05 Jul
Balas

Keren ulasannya ibu cantik.. Terima kasih sudah berbagi.. Sukses selalu.. Salam literasi

05 Jul
Balas

Mantap ulasannya Bunda, moga sukses

05 Jul
Balas



search

New Post